PROGRAM STUDI
MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Visi Keilmuan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris
"Mengembangkan Profesionalisme yang Unggul dalam Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris pada Inovasi
Pembelajaran Berbasis Penelitian dan Teknologi, serta Kompeten dan Adaptif dalam Edupreneur di tingkat
global"
Dalam Visi Program Magister pendidikan Bahasa Inggris, ada penjelasan kata kunci berikut:
Profesionalisme: Lulusan program Magister pendidikan bahasa Inggris IKIP Siliwangi dapat menerapkan intervensi dan performa pembelajaran serta memecahkan masalah pendidikan modern.
Inovatif: Lulusan program Magister pendidikan bahasa Inggris IKIP Siliwangi dapat memperoleh kemampuan untuk mengembangkan konsep, layanan, dan pengelolaan berorientasi ke depan, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris, serta mempublikasikannya di jurnal terakreditasi.
Berdaya saing Global : Lulusan program Magister pendidikan bahasa Inggris IKIP Siliwangi memiliki pengetahuan dan kemampuan yang diakui di tingkat global, sehingga mereka mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dalam pekerjaan mereka.
Adaptif dalam Edupreneur : Kemampuan tenaga pendidik dan lulusan untuk menyesuaikan diri secara dinamis terhadap perubahan global dalam dunia pendidikan, serta mengembangkan inovasi dan kewirausahaan pendidikan Bahasa Inggris yang berdaya saing internasional, berbasis teknologi, dan relevan dengan kebutuhan zaman.
Tujuan Program Studi Magister pendidikan bahasa Inggris
Tujuan program studi magister pendidikan Bahasa Inggris yang dirumuskan secara spesifik sesuai dengan visi keilmuan, tujuan tersebut adalah:
Menghasilkan pendidik dan akademisi profesional di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang berintegritas dan berwawasan global.
Mengembangkan kemampuan inovasi pembelajaran berbasis penelitian (research-based learning) yang relevan dengan kebutuhan perkembangan ilmu dan pendidikan.
Meningkatkan pemanfaatan teknologi pembelajaran (technology-enhanced learning) secara kreatif dan efektif dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Mendorong produktivitas riset dan publikasi ilmiah pada tingkat nasional dan internasional dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris.
Mengembangkan kompetensi adaptif dan kompetitif dalam edupreneurship berbasis keilmuan pendidikan Bahasa Inggris.
Memperluas jejaring kerja sama akademik dan profesional dengan lembaga pendidikan, riset, dan industri baik di tingkat nasional maupun global.
Strategi Pencapaian Visi Keilmuan dan Tujuan
1. Penguatan Mutu Akademik dan Profesionalisme
· Menyusun dan menerapkan kurikulum berbasis OBE (Outcome Based Education)
· Melaksanakan proses pembelajaran berbasis riset (Research-Based Learning).
2. Peningkatan Kapasitas Penelitian dan Publikasi Ilmiah
· Membangun kelompok riset (research group)
· Mendorong penelitian kolaboratif dosen–mahasiswa.
3. Pengembangan Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi
· Mendorong pengembangan produk pembelajaran digital (modul interaktif, aplikasi pembelajaran bahasa, video edukatif).
· Melatih dosen dan mahasiswa dalam literasi teknologi pembelajaran.
4. Penguatan Edupreneurship Berbasis Keilmuan
· Mengembangkan kurikulum yang memuat mata kuliah kewirausahaan pendidikan (edupreneurship).
· Membimbing mahasiswa menghasilkan produk inovasi pembelajaran yang bernilai komersial.
5. Pengembangan Kompetensi Global
· Menjalin kerja sama dengan universitas dan lembaga internasional.
· Membuka peluang joint community service, joint research dan joint teaching dengan mitra global.
6. Penguatan Tata Kelola Prodi dan Kemitraan
· Menerapkan sistem penjaminan mutu internal secara berkelanjutan (SPMI).
· Menjalin kemitraan dengan sekolah, lembaga pendidikan bahasa, industri, dan pemerintah.